Disdukcapil Minta Siswa Berusia 17 Tahun Segera Buat KTP

Kepala Disdukcapil OKU, H Ajahari. Foto: eko/palpos.id

BATURAJA, PALPOS.ID – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten OKU meminta kepada seluruh siswa SMA atau sederajat yang sudah berusia 17 tahun agar segera melakukan perekaman untuk dibuatkan KTP elektronik.

“Ya, kita saat ini sudah menugaskan tim khusus untuk mendatangi setiap sekolah guna mempermudah siswa melakukan perekaman KTP elektronik,” ungkap Kepala Disdukcapil OKU, H Ajahari, didampingi Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Disdukcapil OKU, Jailani Hasan, saat dibincangi Kamis (17/06).

Dia menjelaskan, perekaman e KTP ini ditujukan untuk pelajar yang masuk usia 17 tahun melalui program Rekaman di Sekolah Saja (REMAJA).

Melalui program ini Disdukcapil mendatangi seluruh sekolah tingkat SMA guna merekam data siswa yang masuk usia 17 tahun untuk dicetak KTP. “Program ini menyasar pada seluruh pelajar sekolah tingkat SMA hingga di pelosok desa,” katanya.

Dia mengemukakan, program itu sendiri telah dilaksanakan pihaknya sejak 2018 lalu dengan target sasaran ratusan ribu pelajar agar memiliki KTP Elektronik.

Berdasarkan data, kata dia, ditahun 2019 tercatat sebanyak 246.424 siswa berusia 17 tahun di OKU sudah dilakukan perekaman data dan saat ini telah memiliki KTP.

Selanjutnya, ditahun 2020 dari 257.283 pelajar wajib KTP, sebanyak 252.473 diantaranya tercatat sudah mengantongi identitas penduduk.

“Untuk tahun ini perekaman masih terus berjalan dan tidak ada target. Dalam artian, setiap pelajar yang memasuki usia 17 tahun akan dilakukan perekaman data,” tegasnya. (*)

Editor: Bambang Samudera