Pengunjung Obyek Wisata di OKU Wajib Terapkan 3M

Topan Indra Fauzi, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten OKU. Foto: eko/palpos.id

BATURAJA, PALPOS.ID – Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten OKU, Topan Indra Fauzi mengingatkan bahwa setiap pengunjung yang datang ke sejumlah obyek wisata di wilayahnya wajib menerapkan 3 M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan memakai air yang mengalir.

“Jika ada pengunjung yang kedapatan tidak menerapkan 3 M, maka akan kami suruh pulang,” tegas Topan, Kamis (17/06).

Menurut dia, hal ini dilakukan guna memutus mata rantai penularan covid-19. “Bahkan karena takut jumlah kunjungan wisatawan membludak, maka saat liburan lebaran tadi kami menutup semua obyek wisata di OKU seperti Gua Putri,” tegasnya.

Kendati demikian mengingat saat ini jumlah kunjungan ke sejumlah obyek wisata andalan di OKU sudah kembali normal, maka pihaknya kembali mempersilahkan wisatawan untuk berkunjung ke Gua Putri dan Air Terjun Keban Agung di Kecamatan Semidang Aji.

“Pihak pengelola juga menyediakan tempat mencuci tangan di setiap pintu masuk objek wisata Goa Putri dan Keban Agung,” kata Topan.

Bahkan, kata dia, Dinas Pariwisata OKU juga mendirikan pos pelayanan di pintu masuk objek wisata yang melibatkan pihak kepolisian dan Dinas Kesehatan Kabupaten OKU dalam upaya memperketat protokol kesehatan di kawasan objek wisata.

Di pos pelayanan ini, petugas menyiapkan alat pemeriksaan suhu tubuh guna memastikan pengunjung yang datang dalam kondisi sehat tidak terpapar virus Corona.

“Jika hasil pemeriksaan suhu tubuh tinggi maka pengunjung tidak boleh masuk. Terkait jumlah kunjungan saat libur ini tidak ada target karena masih dalam kondisi COVID-19,” tegasnya. (*)

Editor: Bambang Samudera