Fokus Meningkatkan Pembangunan Infrastruktur dan Kualitas SDM

Sekda OKU, H Achmad Tarmizi didampingi Asisten II Pemkab OKU, Kadarisman, saat membuka rapat penyusunan RPJMD tahun 2021-2026, Sabtu (19/06). Foto: eko/palpos.id

BATURAJA, PALPOS.ID – Kabupaten OKU untuk lima tahun kedepan telah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dimana daerah berjuluk Bumi Sebimbing Sekundang itu akan memfokuskan meningkatkan pembangunan infrastrukur dan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“RPJMD Kabupaten OKU tahun 2021-2026 masih terfokus pada pembangunan infrastruktur dan peningkatan SDM. Hal ini harus didukung oleh tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien, sehingga dapat mewujudkan SDM yang mandiri, sejahtera dan berbasis kearifan lokal,” kata Sekda OKU, H Achmad Tarmizi, saat dibincangi, Sabtu (19/06).

Adapun permasalahan RPJMD Kabupaten OKU tahun 2021-2026 adalah sumber daya alam dan kelestarian lingkungan, konektifitas dan pengembangan wilayah, tata kelola pemerintahan dan reformasi birokrasi, penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, peningkatan sumber daya manusia, nilai tambah ekonomi dan daya saing, serta pengembangan pertanian.

Sementara Kepala Bappelitbangda OKU  Gunawan Somad menyampaikan konsultasi publik RPJMD Kabupaten OKU 2021-2026 dilaksanakan atas dasar UU. No. 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan UU. No. 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

Kemudian Permendagri No. 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi Raperda tentang rancanganan Peraturan daerah tentang RPJPD dan RPJMD, serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKP.

Tujuan dilaksanakan forum tersebut adalah untuk menyempurnakan rancangan awal RPJMD OKU 2021-2026 berdasarkan masukan-masukan hasil kesepakatan forum. (*)

Editor: Bambang Samudera