Disbudpar Sumsel Targetkan Kenaikan Wisatawan hingga 3 Persen

Kepala Disbudpar Sumsel, Aufa Syahrizal, saat launching Aplikasi GIWANG, di Hotel Arista, Sabtu (19/06). Foto: cuci/palpos.id

PALEMBANG, PALPOS.ID – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel tengah gencar melakukan promosi berbagai destinasi maupun even pariwisata di Sumsel lewat aplikasi digital Gentak Informatif Wisata Andalan Nyaman dan Gempita (GIWANG) Sumsel.

“Aplikasi ini berisi berbagai informasi lengkap mengenai pariwisata di Sumsel. Mulai dari lokasi wisata, panduan menuju lokasi, jumlah hotel beserta tarif dan fasilitasnya serta even-even yang digelar di 17 kabupaten/kota,”ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Aufa Syahrizal.

Dikatakan Aufa, adanya aplikasi GIWANG berpotensi menarik para wisatawan berkunjung ke Bumi Sriwijaya, meski saat ini Palembang masih berada di tengah Pandemi Covid-19. Disbudpar Sumsel menargetkan pertumbuhan kunjungan wisatawan di tahun ini dapat meningkat 2-3 persen dari tahun lalu.

Angka kunjungan wisatawan tahun lalu sendiri mencapai 1.551.123 orang. Rinciannya wisatawan domestik mencapai 1.543.409 orang dan mancanegara sebanyak 7.714 orang. “Target kita tahun ini naik sekitar 2-3 persen. Memang kecil karena mengingat situasi Pandemi Covid-19 saat ini,” ujar Aufa, Sabtu (19/06).

Lanjutnya, Disbudpar Sumsel juga terus mendorong pelaku industri pariwisata untuk melaksanakan protokol kesehatan (prokes) yang ketat, agar terhindar dari ancaman penyebaran Covid-19.

“Penerapan prokes juga bertujuan untuk meraih kepercayaan masyarakat terhadap pariwisata di Sumsel. Jadi mereka tidak ragu untuk berkunjung Sumsel karena kesehatan dan keamanan mereka terjamin,” tandasnya. (*)

Editor: Bambang Samudera