Belasan Tenaga Kesehatan Terkonfirmasi Positif Covid-19

MUSI RAWAS, PALPOS.ID – Belasan tenaga kesehatan (nakes) di sejumlah Puskesmas dalam wilayah Kabupaten Musi Rawas (Mura) dikabarkan terpapar Covid-19. Diantaranya Puskesmas Selangit dan Puskesmas C Nawangsasi. Akibatnya pelayanan kesehatan di dua puskesmas itu terpaksa distop sementara.

Hal itu dibenarkan Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Mura, H Edi Iswanto, melalui Sekretaris Dinkes, M Nizar, ketika dikonfirmasi Palpos.id, Selasa (22/6).

Dikatakan Nizar, untuk di Puskesmas Selangit ada 14 nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19, sedangkan di Puskesmas C Nawangsasi ada 4 nakes. “Mereka terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan swab,” ujarnya.

Karena itu, untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19, terpaksa pelayanan di Puskesmas dihentikan sementara, termasuk IGD dan rawat Inap di Puskesmas C Nawangsasi. “Ya layanan puskesmas, termasuk IGD dan rawat inap terpaksa kita hentikan sementara sampai 14 hari kedepan atau hasil swab tenaga nakes berikutnya dinyatakan negatif,” jelas Nizar.

Sementara itu, Rusdi (62), warga Kecamatan Selangit, menyatakan antara percaya dan tidak dengan yang namanya Covid-19. Kendati demikian, dia juga khawatir klaster dari nakes ini akan meluas ke warga di Selangit.

Karena itu, warga jadi malas untuk berobat bila merasakan gejala demam, flu, batuk dan pilek biasa. “Kalau demam-deman sedikit lebih baik minum obat kampung (tradisional), kalau tidak parah sebaiknya tidak ke dokter,” pungkasnya. (*)

Editor: Bambang Samudera