Kapolres Muara Enim Pimpin Sertijab Lima Perwira

Kapolres Muara Enim AKBP Danny Sianipar memasang tanda jabatan kepada lima pejabat perwira dan melantik satu perwira Kabag Log dilingkungan Mapolres Muara Enim, Rabu (23/06). Foto: ozi/palpos.id

MUARA ENIM, PALPOS.ID – Kapolres Muara Enim AKBP Danny Sianipar memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) lima pejabat perwira dan melantik saru perwira dilingkungan Mapolres Muara Enim, Rabu (23/06).

Acara yang digelar di halaman Polres Muara Enim tersebut juga dihadiri Pejabat Utama (PJU) seluruh anggota Polres Muara Enim.

Adapun para perwira yang dilantik, yaitu Wakapolres Muara Enim dari Kompol Agung Adhitya Prananta SH SIk kepada kompol Indarmawan SH MSi yang sebelumnya menjabat Waka Polres Empat Lawang. Sedangkan Kompol Agung Adhitya Prananta SH SIk mendapat promosi pejabat yang baru sebagai Kasi BPKB Ditlantas Polda Sumsel.

Kemudian Kasat Samapta AKP Indrowono SH MSi diroling menjadi Kasat Lantas Polres Muara Enim jabatannya digantikan oleh AKP Alfian SE MM yang sebelumnya menjabat sebagai Kasat Samapta Polres OKUS. Lalu Kasat Lantas AKP Desy Ariyanti dipromosikan menjabat Kabag SDM Polres Ogan Ilir dan gantikan oleh AKP Indrowono SH MSi.

Sedangkan Kapolsek Rambang AKP Najamudin SH pindah tugas menjadi Kasat Reskrim Polres Pagar Alam digantikan oleh AKP Mursal Mahdi SE MM yang sebelumnya menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Empat Lawang. Kemudian, Kapolsek  Gelumbang Iptu Hary Dinar SIk SH MH pindah tugas menjadi Sprin Pim Poldal Sumsel dan jabatannya digantikan oleh Iptu Morris Widhi Harto SIk yang sebelumnya menjabat sebagai Kasat Narkoba Polres Muratara.

Dan berdasarkan struktur Polri yang baru, ada satu jabatan baru yakni Kabag Log Polres Muara Enim yang dijabat oleh Kompol Ahmad Jais yang sebelumnya menjabat Kabag SDM Polres Prabumulih serta pengukuhan Kompol Aswin Sianipar menjadi Kabag SDM yang sebelumnya bernama Kabag Sumda Polres Muara Enim.

“Selamat bergabung di Polres Muara Enim, dengan berbagai pengalaman saya yakin akan mampu melaksanakan tugas dengan baik mewujudkan postur Polri yang “Presisi” (Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan),” kata AKBP Danny.

Menurut Danny, terkait dengan implementasi SOTK (Susunan Organisasi Tata Kerja Kepolisian) yang baru sesuai Perpol 2 tahun 2021, maka saat ini kita juga melaksanakan pelantikan pengukuhan terhadap pejabat dan personel yang mengalami perubahan nomenklatur /titelatur pada stuktur baru diantaranya pelantikan kepada Kabag Log yang dijabat oleh Kompol Ahmad Jais.

Kemudian, pengukuhan Kabag SDM, Kasat Samapta, Kasi Hukum, Kasi Humas, Kasi TIK, Kasi Dokkes serta yang mengalami kenaikan eselon Kasi Pengawasan dan Kasi Propam. Perubahan ini tentunya bertujuan memberikan ruang gerak yang lebih besar pada masing- masing bagian dengan harapan kedepan Polri dapat lebih fokus dan profesional.

Masih dikatakan Danny, terhadap tugas-tugas yang dibebankan pada masing-masing bagian, satuan fungsi dan seksi. Seremoni yang harus kita lakukan melainkan bentuk pelimpahan tugas dan tanggung jawab.

Dan dirinya, selaku Kapolres Muara Enim dan pribadi mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya secara tulus dan penghargaan yang tinggi kepada para pejabat lama beserta para istri atas kerja keras, pengabdian dan dedikasinya kepada institusi ini khususnya Polres Muara Enim. Kepada para pejabat baru beserta isteri diucapkan selamat datang, selamat bergabung menjadi bagian keluarga besar Polres Muara Enim dan selamat bertugas di Polres Muara Enim.

Untuk itu, lanjut Danny, kepada Wakapolres sesuai pengemban tugas dan tanggung jawab dan diharapkan agar dapat mengkoordinir stafnya dalam rangka memberikan saran akademis dari berbagai bidang kepada pimpinan, terutama terkait hal-hal yang strategis baik yang menyangkut masalah kedinasan maupun masalah Kamtibmas dalam rangka mendukung tugas pokok Polri. Untuk Kasat Lantas diharapkan dapat mengemban tugas sebagai pembimbing teknis atas pelaksanaan fungsi lalu lintas yang bersifat terpusat pada tingkat wilayah antar Polsek dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas operasiaonal pada tingkat Polres.

Selanjutnya, kepada Kapolsek diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan pimpinan memimpin, membina, mengatasi, mengatur, dan mengendalikan satuan organisasi di lingkungan Polsek dan unsur pelaksanaan kewilayahan dalam jajarannya termasuk kegiatan pengaman markas dan memberikan saran pertimbangan kepada Kapolres yang terkait dengan pelaksanaan tugasnya.

“Bahwa penempatan tugas jabatan itu, sebagai suatu amanah, dengan begitu apapun yang dilaksanakan dalam rangkaian tugas harus dapat di pertanggung jawabkan kepada tuhan yang maha kuasa. oleh sebab itu lakukan yang terbaik, dengan berani, tulus, ikhlas, dan tetap semangat,” ucapnya.

Saat ini, sambung Danny, Polres Muara Enim masih melaksanakan operasi yang terkait dalam rangka mencegah dan menekan penyebaraan virus Covid -19 yang telah menyerang dan segera pahami apa yang menjadi sasaran dan target pencapaian operasi Kepolisian. (*)

Editor: Bambang Samudera