PDAM Tirta Raja Optimalisasi Distribusi Air Bersih Pelanggan

Petugas teknisi PDAM Tirta Raja saat sedang memperbaiki pompa intake di UP Tanjung Baru, Kamis (24/06). Foto: eko/palpos.id

BATURAJA, PALPOS.ID – Petugas PDAM Tirta Raja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mengoptimalisasikan distribusi air bersih pelanggan di Kecamatan Baturaja Barat yang kurang optimal akibat kerusakan pompa intake beberapa waktu lalu.

Direktur PDAM Tirta Raja OKU, H Abi Kusno didampingi Kabag Teknik, Asril, Kamis (24/06) menerangakan, optimalisasi ini dilakukan setelah terjadi kerusakan pada pompa intake di UP Tanjung Agung, Kecamatan Baturaja Barat.

Satu unit pompa berkapasitas 50 liter air/detik yang rusak ini disebabkan karena faktor usia dan pengaruh arus sungai yang deras sehingga tidak mampu beroperasional dengan maksimal.

“Dampak dari kerusakan ini distribusi air bersih sebagian pelanggan di kecamatan setempat mengalami gangguan selama tiga hari,” katanya.

Dalam perbaikan ini, kata dia, pihaknya menerjunkan belasan orang petugas untuk memperbaiki pompa intake di UP Tanjung Agung agar dapat berfungsi normal.

Selama proses perbaikan pihaknya terpaksa mengurangi produksi air bersih yang mengalir ke rumah-rumah pelanggan di wilayah itu dengan kapasitas hanya 20 liter air/detik.

“Karena di UP Tanjung Agung hanya tinggal satu pompa yang berfungsi sehingga kapasitas air yang disalurkan ke pelanggan terpaksa dikurangi,” ujarnya.

Selama proses perbaikan, Asril meminta agar pelanggan menghemat penggunaan air bersih supaya tidak kekurangan air untuk kebutuhan sehari-hari.

“Proses perbaikannya tidak berlangsung lama karena kami menerjunkan lebih dari 10 orang petugas sehingga perbaikan pompa dapat dilakukan lebih cepat,” tegasnya. (*)

Editor: Bambang Samudera