Pemkab Kucurkan Dana Hibah ke Kecamatan Lubuk Raja

Plh Bupati OKU, Edward Candra saat memberikan bantuan dana hibah kepada pengurus salah satu masjid di Kecamatan Lubuk Raja, Sabtu (26/06). Foto: eko/palpos.id

BATURAJA, PALPOS.ID – Pelaksana Harian (Plh) Bupati OKU, H Edward Candra, mengucurkan dana hibah ratusan juta rupiah untuk pembangunan sejumlah masjid dan pengurus ormas Islam di Kecamatan Lubuk Raja.

“Rinciannya dana sebesar Rp25 juta untuk pembangunan Masjid Nurul Amin Desa Batu Raden, Rp25 juta untuk pembangunan Masjid Al Ikhlas Desa Lubuk Banjar, Rp40 juta untuk Pengurus GP ANSHOR OKU serta Rp15 juta untuk YP Madani Global Batumarta,” kata Edward, saat dihubungi Sabtu (26/06).

Pemberian bantuan itu sendiri kata Edward, dilakukannya saat melaksanakan Safari Jumat di Masjid Nurul Amin Blok O, Desa Batu Raden, Kecamatan Lubuk Raja, Jumat (25/06).

Dia menjelaskan, Safari Jumat merupakan program rutin yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten OKU yang manfaatnya untuk saling meningkatkan ukhuwah Islamiyah bersilaturahmi bersama masyarakat dengan tujuan untuk menyerap aspirasi dari masyarakat.

Pembangunan fisik terutama infrastruktur tentunya sangat dibutuhkan, sehubungan dengan hal tersebut perlunya penguatan pembangunan fisik yang menyentuh pada kesejahteraan masyarakat, termasuk di Kecamatan Lubuk Raja ada beberapa titik untuk diperbaiki dan dilakukan pemeliharan infrastruktur fisik, dengan biaya yang berasal dari APBD Pemerintah Kabupaten OKU dan bantuan Gubernur Sumsel.

Selain pembangunan fisik, pembangunan non fisik juga perlu diperkuat seperti sektor pendidikan, kesehatan serta keagamaan yang bertujuan untuk mencapai visi yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten OKU yaitu mewujudkan OKU yang Bersih, kreatif, Religius, Maju dan Sejahtera.

Terkait Covid -19 agar masyarakat dapat selalu mendisiplinkan diri dengan menerapkan 5 M yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi mengingat sampai saat ini Kabupaten OKU masih dalam berstatus Zona Orange.

Turut hadir dalam acara ini anggota DPRD OKU H Adib Kailani dan Ridar Hariyuwono, Plt Asisten 2 Setda OKU Kadarisman, Kadin PU PR, Kadin Perindag, Kaban Kesbangpol, Kabag Prokopim, Camat, Kapolsek, Danramil, Kepala KUA, Para Kades Kec Lubuk Raja, Pengurus GP. Anshor, tokoh agama, tokoh masyarakat serta undangan lainnya. (*)

Editor: Bambang Samudera