Diskominfo OKU Pasang CCTV di Tujuh Titik

Simpang 4 Air Paoh menjadi salah satu titik yang kini dipasang CCTV, Minggu (27/06). Foto: eko/palpos.id

BATURAJA, PALPOS.ID – Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) memasang Closed Circuit Television (CCTV) di tujuh titik kawasan Kota Baturaja guna memantau aktifitas masyarakat dan kendaraan di jalan raya.

“Ada tujuh titik CCTV atau kamera pengawas yang kami pasang sejak 2018 lalu,” kata Kepala Diskominfo OKU, Priyatno Darmadi didampingi Kasi Infrastruktur, Ogusta Akbar, Minggu (27/06).

Dia mengemukakan, pemasangan kamera pengintai ini dipasang di sudut Kota Baturaja meliputi simpang empat Air Paoh, Sukajadi, pertigaan Ramayana, persimpangan Kantor Kementerian Agama, Unbara, Koramil atau simpang Satlantas Pasar Baru dan Jalan Akmal lantai 2 Pasar Inpres Baturaja.

Dia menjelaskan, CCTV ini dapat dipantau atau dimonitor dari Kantor Diskominfo OKU dan akan terkoneksi langsung ke Dinas Perhubungan sehingga pihak terkait tersebut dapat memantau kondisi jalanan.

Menurut dia, pemasangan CCTV ini merupakan salah upaya untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan sekaligus guna mendukung agar terwujudnya program smartcity di Kabupaten OKU.

Kamera pengintai atau pengawas yang dipasang ini memiliki kualitas terbaik yakni High Definition (HD) dengan daya jelajah 180- 360 derajat.

CCTV ini dapat menghasilkan gambar yang berkualitas sehingga semua aktifitas di sekitar titik pemasangan kamera bisa terpantau dengan jelas.

“Sayangnya sejak pemasangan pada 2018 lalu, hingga saat ini belum ada penambahan CCTV karena terkendala anggaran. Ini saja sudah ada satu titik CCTV yang rusak di Simpang 4 Sukajadi. Itupun belum diperbaiki,” ujarnya.

Selain CCTV lanjut dia, pihaknya juga menyebar 15 titik Wi-Fi di sejumlah tempat pelayanan publik di wilayahnya agar masyarakat dapat mengakses internet secara gratis.

Dia mengatakan, fasilitas Wi-Fi gratis ini dipasang di sejumlah tempat pelayanan publik seperti Taman Kota Baturaja, kantor pemerintahan, Polres OKU dan beberapa sekolah lainnya.

Pemasangan Wi-Fi ini, kata dia, dilakukan untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh layanan internet secara gratis.

Selain itu, akses internet free ini juga sebagai salah satu langkah pemerintah untuk mendongkrak perekonomian berbasis teknologi informasi. “Untuk kapasitas Wi-Fi yang kami pasang ini per titik 20 Mbps,” tandasnya. (*)

Editor: Bambang Samudera