Sumbang Kasus Tinggi, Anak Diimbau Tidak Banyak Beraktivitas di Mall, Pasar dan Area Wisata

Pasien covid-19 beraktifitas saat pagi hari di halaman Graha Wisata Ragunan, Kebagusan, Jakarta, Kamis (17/6). Pemprov DKI memfungsikan kembali Graha Wisata Ragunan sebagai tempat isolasi warga terpapar COVID-19 kategori OTG sejak pekan lalu dan saat ini merawat 117 pasien. (Issak Ramdhani / fin.co.id)

JAKARTA, PALPOS.ID –  Tingginya angka kasus positif Covid-19 pada anak membuat sejumlah pihak prihatin.  Para orang tua harus lebih fokus dan perhatian dalam menjaga anak-anaknya agar selalu memperhatikan protokol kesehatan serta menjaga asupan nutrisi bagi anak-anaknya.

Secara akumuliasi, diketahui sudah mencapai 59.741 kasus per (23/6). Rinciannya, 46.330 kasus pada anak usia 5-18 tahun, 10.726 kasus pada anak usia 1 – 4 tahun, dan 2.685 kasus pada anak usia di bawah 1 tahun.

Anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati mengaku prihatin dengan kasus Covid-19 anak-anak meningkat tajam di DKI Jakarta.

“Secara pribadi saya prihatin dengan meningkat tajam kasus Covid-19 yang diderita anak-anak. Kasus Covid anak-anak meningkat tajam dan ini menjadi keprihatinan kita semua. Apalagi anak berisiko tinggi terpapar,” kata Mufida, dikutip, Sabtu (26/6).

Dengan kasus Covid yang semakin melonjak tajam ini Mufida mengajak para orang tua bisa membatasi anggota keluarganya untuk tidak banyak beraktivitas di ruang publik yang terbuka seperti mall, pasar dan area wisata.

Sebab, bila bepergian dengan keluarga bermasker, namun anak-anak sangat rentan ketika bergerak dan pastinya tidak ketat dalam menerapkan protokol Kesehatan termasuk saat bermasker. Anak-anak juga banyak bergerak dalam aktivitasnya.

“Virus sangat cepat penularannya. Apalagi varian baru Covid-19 Delta saat ini menimbulkan kekhawatiran ekstra karena berpotensi menyerang anak-anak. Data pun menunjukkan varian Delta menyerang pasien dengan rentang usia dibawah 18 tahun pada sejumlah daerah yang mengalami lonjakan kasus Covid, termasuk di Jakarta,” bebernya.

Untuk kasus Covid-19 di Jakarta, jelasnya, pada Kamis telah memecahkan rekor kasus harian dengan 7.505 kasus. Dan yang diluar dugaan adalah sebanyak 15 persen kasus Covid atau 1.112 kasus Covid diantaranya adalah diderita anak-anak.

“Dari hari ke hari saat ini meningkat kasus Covid anak. Kamis kemarin ada 830 kasus anak usia 6-18 tahun dan 282 kasus adalah anak usia 0-5 tahun. Diduga anak-anak yang terkena Covid-19 berasal dari cluster keluarga dan tertular dari orang tuanya,” terangnya. (khf/fin)