Diskannak OKU Minta Rumah Potong Hewan Difungsikan

Kepala Disnakkan Ogan Komering Ulu (OKU), Tri Aprianingsih. (Foto : Eko/Palpos.id)

BATURAJA, PALPOS.ID  – Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) meminta agar Rumah Potong Hewan (RPH) segera difungsikan karena terbengkalai sejak dibangun pada tahun 2010 silam.

Kepala Diskannak OKU, Tri Aprianingsih didampingi Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Sugiarto, Senin (28/06) menjelaskan, sejak dibangun pada 2010 RPH di wilayah itu tidak bisa difungsikan karena sarana prasaran belum lengkap.

RPH yang terletak di Kelurahan Batukuning, Kecamatan Baturaja Barat tersebut belum memiliki pagar pengaman untuk hewan dan minim fasilitas air bersih sehingga tidak bisa difungsikan.

Oleh sebab itu, pihaknya meminta agar pihak terkait melengkapi pembangunan sarana dan prasarana tersebut agar rumah rumah potong hewan dapat segera digunakan sesuai fungsinya.

“Sebenarnya usulan pembangunan ini sudah sering kami sampaikan ke pemerintah provinsi, namun hingga saat ini belum direalisasikan,” katanya.

Menurut dia, selama ini masyarakat melakukan pemotongan hewan ternak sapi dan kerbau di tempat pemotongan hewan milik pribadi masyarakat di wilayah setempat.

Hal tersebut membuat pihaknya tidak dapat melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak sebelum dan sesudah dipotong.

“Pemeriksaan sapi dan kerbau oleh dokter ahli dari Diskannak ini penting dilakukan untuk memastikan apakah layak dikonsumsi atau tidak,” ujarnya.(*)