Megalitik Besemah Masuk Nominasi API Award 2021 

Salahsatu Megalit berukiran pada bagian bawah batu situs batu balai, Senin (28/06). Foto: efvhan/palpos.id

PAGARALAM, PALPOS.ID – Pahun 2021 ini, giliran situs megalitik Besemah masuk dalam nominasi API awards 2021 dalam kategori Situs Sejarah.

Setelah sebelumnya Kota Pagaralam berhasil meraih juara ke-3 sebagai nominasi kampung adat terpopuler, pada Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards tahun 2020.

Dalam kategori ini, Megalitik Besemah Kota Pagaralam akan bersaing dengan sejumlah situs sejarah di nusantara. Sebut saja Benteng Kraton Wollio (Baubau), Candi Ijo (Kabupaten Sleman), Istana Mini Banda Nairah (Kabupaten Maluku Utara), Megalitik Batu Brak (Kabupaten Lampung Barat), Museum Buya Hamka (Kabupaten Agam), Situs Gajah Mada (Kabupaten Raijua),Taman Arkeolog Onrust (Kabupaten Kepulauan Riau), Taman Nurmada (Kota Mataram) dan Tundrunbaho (Kabupaten Nias Selatan).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Pagaralam, H Cholmin Heryadi SPd MPd melalui Kabid Kebudayaan, Jemiyo Siswanto SPd MPd membenarkan, Megalitik Besemah Pagaralam masuk kategori situs bersejarah dalam ajang API award tahun 2021.

“Megalitik Besemah akan bersaing dengan 18 situs sejarah di nusantara dalam kategori API award tahun 2021. Tercatat sedikitnya 46 situs megalit tersebar di wilayah Pagaralam,” ujarnya.

Untuk diketahui, Pagaralam sebagai kota destinasi wisata, tak hanya indah alamnya juga dikenal situs megalitnya. Seperti Dolmen, Arca, Rumah Batu, Meja Batu, Bati Berelief, Lupang Batu, Lesung Batu, batu berformasi atau batu gelang dan lain-lain.

“Kita berharap Megalitik Besemah ini akan menyusul kesuksesan Kampung Adat Terpopuler pada API tahun 2021. Melalui ajang ini juga bisa membuat Kota Pagaralam lebih dikenal secara nasional dan menjadi magnet bagi wisatawan untuk berkunjung ke situs-situs sejarah di Pagaralam,” katanya.

Pihaknya lanjut Jemiyo berupaya untuk menyuarakan dukungan khususnya dari masyarakat Kota Pagaralam memberikan dukungan melalui media sosial pada periode pemungutan suara (voting periode) dimulai pada 1 Juli-31 Oktober 2021 mendatang.

Voting juga dapat dilakukan melalui akun Instagram (IG) @ayojalanjalanindonesia, chanel youtube API Award atau melalui SMS Premium. “Untuk Megalitik Besemah keywordnya adalah; ketiK API 12E kirim ke 99386,” ajak Jemiyo. (*)

Editor: Bambang Samudera