Pemberantasan Narkoba Melalui Desa Bersinar Jadi Prioritas Bupati Empat Lawang

Bupati Empat Lawang bersama Kepala BNNK dan rombongan berpose bersama seusai vidcon di depan kantor BNNK Empat Lawang.(Foto:Padri/Palpos.id)

EMPAT LAWANG, PALPOS.ID – Bukan perkara mudah untuk memberantas peredaran narkoba, terkhusus di bumi saling kruani sangi krawati. Hal ini perlu adanya kerjasama yang baik antara pihak Pemerintah Daerah ,BNN ,TNI-Polri dan Kepala Desa untuk mencegah peredaran narkoba yang saat ini merajalela.

Dalam rangka peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI), Pemerintahan pusat melaunching desa bersinar secara serentak di seluruh wilayah indonesia dengan tujuan untuk memberantas peredaran narkoba, di ruang rapat kantor BNNK Empat Lawang pada Senin, (28/06).

Kepala Badan Narkotikan Nasional (BNN) Kabupaten Empat Lawang AKBP Sahril mengatakan jika presiden Jokowidodo melaunching desa bersinar  di seluruh indonesia melalui vidcon pada peringatan Hari Anti Narkoba Internasional.

“Artinya desa bersinar itu bukan berarti desa bersih narkoba, tapi desa yang dinilai rawan narkoba dan kedepannya akan kita jadikan desa itu bersih dari narkoba, sehingga dari masyarakat untuk masyarakat. Mereka kita latih jadi agen pemulihan, jadi IBM artinya  orang yang kita tunjuk ini akan memberitahu kita siapa saja yang pemakai, tapi setelah terdata mereka tidak kita penjarakan. Misalnya yang ringan, cukup masyarakat disana yang merehab/mengobati pemakai tersebut. Dan yang diperkirakan pemakai kelas berat nanti masyarakat bisa merekomendasikan ke kita dan kita yang akan mengobati/merehabnya,” kata Sahril seusai vidcon bersama.

Karena lanjutnya, kalau masyarakat terbuka dan tidak takut untuk melaporkan kepada kita, maka kita harapkan semua lapisan masyarakat untuk mendukung program ini. Sebab hal ini demi masa depan anak-anak dan generasi kita kedepannya.

“Program ini akan terus berlanjut di seluruh kecamatan ataupun desa di Kabupaten Empat Lawang sehingga desa bersinar ini benar-benar terwujud. Untuk penerapannya tinggal nanti bekerjasama dengan pemerintah daerah, misalnya yang bertanggung jawab kepala desa, karena kades bertanggung jawab untuk keselamatan warganya, jangan menonton kehancuran, tapi bagaimana mencari cara agar masyarakatnya maju, masa mudanya selamat,” jelasnya.

Sahril mengatakan untuk Kabupaten Empat Lawang sendiri, ada dua desa yang di tunjuk sebagai desa bersinar yaitu Desa Lampar dan Mekarti Jaya (3B) Kecamatan Tebing Tinggi.

Senada dengan itu, Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad menjelaskan jika pemberantasan narkoba di Empat Lawang ini menjadi prioritas dan kegiatan ini sangat penting karena telah disepakati PBB sebagai Hari Anti Narkoba Internasional

“Momentum ini dijadikan akar bentuk pemberantasan peredaran narkoba, pemberantasan narkoba di Empat Lawang ini jadi prioritas. Saya berharap nanti ada BNN, Pemkab, TNI-Polri, kita berjibaku bersama-sama untuk memberantas narkoba di Empat Lawang, karena bahaya narkoba ini bahaya laten, luar biasa satu dua generasi bisa habis,” kata Joncik seusai vidcon.(*)

Editor : Umnah