Pengurus PMI Diminta Semakin Aktif Membantu Korban Bencana Alam

Ketua PMI OKU, Yunizir Djakfar saat menerima bantuan peralatan penanggulangan bencana alam dari PMI Sumsel, Senin (28/06). Foto: humas pmi oku

BATURAJA, PALPOS.ID – Wakil Ketua Bidang Bencana Palang Merang Indonesia (PMI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Jhoni Barmansyah meminta kepada pengurus PMI di seluruh kabupaten/kota agar kedepan semakin proaktif membantu korban bencana alam.

“Sekarang standar nasional mengatur agar setiap ada bencana alam, maka pengurus PMI harus sudah berada di lokasi bencana minimal dalam tempo enam jam kemudian,” kata Jhoni saat berkunjung ke Sekretariat PMI OKU di Baturaja, Senin (28/06).

Pihaknya sendiri kata Jhoni, tahun ini sedang gencar-gencarnya mensosialisasikan program penanggulangan bencana alam tersebut di sejumlah kabupaten/kota di Sumsel.

“Untuk di OKU sendiri pengurus dan relawan PMI yang ada saya nilai patut diacungi jempol. Sebab mereka sangat proaktif turun ke lapangan setiap ada bencana alam yang melanda daerah itu,” katanya.

Selain sosialisasi lanjut dia, pihaknya juga menyempatkan diri memberikan bantuan peralatan seperti ember, terpal, gayung, handuk, pasta gigi dan selimut ke pengurus PMI di empat kabupaten/kota, salah satunya adalah di OKU, OKU Timur dan OKU Selatan.

Kemudian kunjungan dilanjutkan ke PMI Ogan Ilir, OKI dan Prabumulih. “Tahun ini sosialisasi mengenai penanganan bencana alam ini akan kita fokuskan di tujuh kabupaten/kota tersebut. Sementara sisanya akan dilakukan tahun depan,” tegasnya.

Sementara Ketua PMI OKU, Yunizir Djakfar mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh PMI Sumsel. Disamping itu kata Yunizir, pihaknya menyambut baik dan siap mendukung semua program yang akan dijalankan oleh PMI Sumsel. (*)

Editor: Bambang Samudera