Tiga Bank BUMN Setujui Restrukturisasi Utang Garuda

Pesawat Garuda Indonesia. foto: istimewa/fin.co.id

JAKARTA, PALPOS.ID – Sedikitnya tiga bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sepakat menyetujui perpanjangan atau restrukturisasi utang PT Garuda Indonesia Tbk (Persero).

Ketiga bank BUMN tersebut diantarnya, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Garuda, Prasetio menatakan, bahwa disetujuinya perpanjangan utang dari ketiga bank BUMN memberi angin segar bagi langkah penyelematan perusahaan.

“BRI dan BNI yang setuju untuk mengkonversi sebagian pinjaman jangka pendek menjadi pinjaman jangka panjang dengan jatuh tempo pada 2026,” kata Prasetio Senin (28/6/2021).

Sedangkan Bank Mandiri, kata Prasetio, telah memberikan persetujuan restrukturisasi pinjaman melalui perpanjangan pinjaman sampai dengan Desember 2021 dan menangguhkan kewajiban clean-up pinjaman.

“Selain itu, bank-bank non himbara juga menyetujui perpanjangan pinjaman,” ujarnya.

Prasetio menjelaskan, skema restrukturisasi yang akan ditawarkan Perseroan kepada masing-masing kreditur saat ini sedang dalam proses diskusi Perseroan dan konsultan-konsultan pendukung.

“Kami mengupayakan opsi terbaik yang akan dikaji untuk kepentingan Perseroan dan seluruh stakeholders,” pungkasnya. (der/fin)