Vaksinasi Massal Bentuk Kekebalan Kelompok

Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni bersama Forkopimda menghadiri kegiatan vaksinasi massal dan zoom vidcon dengan Presiden RI Joko Widodo di RSUD Besemah, kemarin. (Foto : Evhan/Palpos.id)

PAGARALAM, PALPOS.ID – Pemerintah Kota Pagaralam bersama Forkopimda mengikuti kegiatan vaksinasi massal dan zoom vidcon dengan Presiden RI H Joko Widodo, bertempat di ruang pelayanan umum RSD Besemah dua hari lalu. Acara menerapkan protokol kesehatan Covid 19. Hadir dalam kegiatan vaksinasi massal Walikota Pagaralam Alpian Maskoni, Ketua DPRD Pagaralam Jenni Shandiyah, Kapolres Pagaralam AKBP Dolly Gumara, Ketua Pengadilan Negeri Pagaralam, Sekda Pagaralam Samsul Bahri serta sejumlah pejabat lainnya. Kegiatan ini juga bagian dari rangkaian HUT Bhayangkara tahun 2021.

Dalam arahannya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran Polda, yang telah melaksanakan vaksinasi massal Covid-19 kepada masyarakat, yang dilakukan secara serentak. “Vaksinasi massal yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Kodam dan Polda, target 1 juta vaksin untuk seluruh Indonesia betul terjaga, sampai Juli dan Agustus diberi target duakali dari ini,” imbuhnya.

Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni mengatakan, sesuai dengan target Pak Presiden 1 juta vaksinasi. Dan memang ditargetkan di tahun 2021 selesai vaksinasi, sehingga hard imunity itu tercipta. “Kita (Pemkot Pagaralam,red) sangat mendukung itu, yang telah kita mulai sejak1 bulan lalu, dengan telah melakukan vaksin terbuka. Bagi masyarakat yang ingin divaksin, cukup memperlihatkan KTP dan datang ke Pemkot Pagaralam, sudah bisa dilakukan vaksinasi. Khusus dalam rangka Hari Bhayangkara ke-75 tahun, kita bersama-sama Polri dan TNI melaksanakan vaksinasi massal ini, jadi kita sangat mendukung sekali hal itu,” ungkapnya.

Lebih jauh Wako Alpian menambahkan, untuk pelaksanaan vaksinasi tahap kedua, tetap masih sama prosesnya 28 hari kedepan. “Ke depan, kita akan terus melaksanakan vaksinasi, ada 8 tempat yang telah kita siapkan, yakni 7 tempat di Puskesmas dan 1 di Kantor Pemkot Pagaralam, tolong disampaikan dan juga disebarkan kepada masyarakat Pagaralam, yang ingin segera divaksin, belum dipanggil, silakan datang ke Kantor Pemkot Pagaralam,” serunya.

Sementara Kapolres Pagaralam, AKBP Dolly Gumara SIk MH menuturkan, pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19, yang dilaksanakan Nasional secara serentak di seluruh Kodam dan Polda. Targetnya adalah 1 juta orang divaksinasi. “Khusus di Kota Pagaralam sendiri, sampai pukul 10.30 WIB sudah ada 470-an yang sudah kita vaksin. Dari target yang seharusnya 675 orang. Mudah-mudahan ini bisa melebihi target, dengan harapan bisa membentuk imunitas secara komunal, sehingga masyarakat kita terhindar atau tercegah dari pandemi Covid-19,” jelasnya.

Mengenai lokasi tempat pelaksanaan vaksinasi, kata Kapolres, terdapat 9 titik lokasi tempat pelaksanaan vaksinasi, mulai dari Puskesmas di setiap Kecamatan, PTPN 7 dan RSUD Besemah Kota Pagaralam. “Direncanakan nanti untuk vaksinasi tahap kedua, akan dilaksanakan pada Juni 2021, yang ditargetkan bisa 2 kali lipat dari target yang telah ditetapkan,” pungkasnya.(*)