Sinergikan Segitiga Kerjasama Perangi Narkoba 

Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni didampingi Kapolres Pagaralam, AKBP Dolly Gumara SIk MH meresmikan Kampung Tangguh Narkoba, berlokasi di Kelurahan Tebat Giri Indah, Selasa (29/06). Foto: efvhan/palpos.id

PAGARALAM, PALPOS.ID – “Pembentukan Kampung Tangguh Narkoba, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), yang dicanangkan oleh pemerintah, baik itu di tingkat Pusat sampai dengan tingkat Kabupaten/Kota,” demikian dikatakan Kapolres Pagaralam, AKBP Dolly Gumara SIk MH, Selasa (29/06).

Dikatakan Kapolres, pelaksanaan utama dari P4GN ini, baik yang dilaksanakan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) maupun Polri, tidak ada yang dibeda-bedakan, semua sama satu tujuan, bagaimana menjadikan dan juga menurunkan Kampung Narkoba, jauh daripada peredaran Narkotika.

“Tentunya, ini perlu kerjasama semua pihak, segitiga kerjasama yang harus bisa disinergikan, yaitu pemerintah, Polri dan BNN Kota, termasuk dengan seluruh elemen masyarakat,” paparnya.

Tanpa adanya segitiga kerjasama itu, sebut Kapolres, maka apa yang dicitakan dan juga diharapkan agar Kampung tempat tinggal masyarakat bebas dari Narkotika dan obat-obatan terlarang ini, tentunya tidak dapat terwujud.

Hal ini tidak bisa dilakukan dengan pelan-pelan, tetapi dengan segera, tanggap dan cakap, untuk dapat melakukan upaya pencegahan. Langkahnya, bisa melalui sosialisasi, rehabilitasi dan penegakan hukum.

“Jadi pembentukan Kampung Tangguh Narkoba, bukan semata-mata merupakan penegakan hukum semata, tetapi bagaimana seluruh elemen masyarakat yang ada mampu mendorong seluruh masyarakat menciptakan daya tangkal dan daya cegah terhadap Narkoba, apapun yang kita lakukan, berbagai apapun yang kita lakukan, kita lakukan bagaimana mencegah peredaran Narkoba itu, mulai dari lingkungan keluarga masing-masing, yang tentunya akan berkelanjutan ke tingkat RT/RW dan insyaa allah bisa ke seluruh Kota Pagaralam,” harapnya. (*)

Editor: Bambang Samudera