Balai Bahasa Sumsel Sukses Gelar Pildubas 2021

Suasana Penganugerahan Pemilihan Duta Bahasa (Pildubas) 2021.(Foto:Humas Balai Bahasa Sumsel). (Foto : Istimewa)

PALEMBANG, PALPOS.ID – Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan kembali sukses menyelenggarakan Pemilihan Duta Bahasa Sumatera Selatan 2021.

Pemilihan Duta Bahasa Sumatera Selatan (Pildubas) merupakan kegiatan tahunan Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan sejak tahun 2006.

Rangkaian Pildubas 2021 dimulai sejak 21 April 2021, pendaftaran Pildubas 2021 resmi dibuka. Selama masa pendaftaran hingga 29 Mei 2021, rangkaian pildubas 2021 diisi dengan beragam kegiatan yang berkaitan dengan Pemilihan Duta Bahasa Sumatera Selatan, seperti Cendol (Cerita Ringan dan Obrolan) membahas tentang pengalaman Duta Bahasa Sumatra Selatan, Lentera (Lebih Kenal tentang Mereka) testimonial Alumni Duta Bahasa Sumatra Selatan dan Kadar Berbahasa (Kelas Daring Bersama Duta Bahasa).

Pada 29 Mei 2021, pendaftaran Pildubas 2021 resmi ditutup dengan jumlah 168 pendaftar yang kemudian diseleksi secara administrasi dan menyisihkan sekitar 148 Peserta. 148 Peserta yang lolos tahap administrasi, selanjutnya menghadapi tes tertulis secara daring yang terdiri dari tes kebahasaan dan sastra, tes Bahasa asing dan tes kebudayaan Sumatra selatan. Peserta yang lolos tahap tes tertulis yaitu mereka yang lolos menjadi 100 besar peserta yang kemudian menghadapai tahap UKBI (Uji Kemahiran Bahasa Indonesia) dan UKBA (Uji Kemahiran Bahasa Asing).

Pada tahap ini peserta diuji kemampuannya dalam hal berbahasa Indonesia dan berbahasa asing. Peserta yang lolos tahap ini, kembali melaju ke babak 40 besar yaitu tes wawancara dan unjuk bakat.

Setelah segala rangkaian penyisihan dilalui, masuk ke tahap final yaitu 20 Besar Peserta Pemilihan Duta Bahasa Sumatera Selatan 2021. Dalam babak 20 Besar ini, finalis melaksanakan prapembekalan dan pembekalan secara luring selama 8 hari sebelum menuju hari penganugerahan. Selama kegiatan prapembekalan dan pembekalan, Finalis Duta Bahasa Sumatera Selatan memperoleh banyak pengetahuan dan materi yang akan menjadi bekal finalis selama 1 tahun ke depan menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2021.

Hari Penganugerahan Pemilihan Duta Bahasa Sumatra Selatan 2021 dilaksanakan pada 25 Juni 2021. Kegiatan ini merupakan puncak dari rangkaian Pemilihan Duta Bahasa Sumatra Selatan 2021 yang dihadiri langsung oleh Drs. Muh. Abdul Khak, M.Hum., Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek); Drs.Umar Solikhan, M.Hum., Kepala Balai Provinsi Sumatera Selatan; dan Pratiwi Eka Putri yang merupakan Duta Bahasa Sumatra Selatan 2010.

Drs. Muh. Abdul Khak, M.Hum. selaku Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) turut memberikan sambutan kehormatan dengan mengingatkan kembali bahwa seluruh pemuda wajib mempertahankan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa negara sesuai isi Sumpah Pemuda dan UU No. 24 tahun 2009. Namun, ada tugas tambahan masyarakat untuk berperan dalam upaya internasionalisasi bahasa Indonesia di tahun 2045 mendatang.

Adapun daftar Duta Bahasa Sumatra Selatan 2021 sebagai berikut:

Terbaik I  : Muhammad Fitrah (Universitas Sriwijaya) dan Shelly Aulia (Universitas Sriwijaya);

Terbaik II : Rizki Dinanda (Politeknik Ilmu Pemasyarakatan Palembang) dan Dina Rizki Maretha (Politeknik Negeri Sriwijaya);

Terbaik III : Fadlu Rahman (Universitas Indonesia) dan Vina Wahyuningsih (Universitas Sriwijaya);

Selain duta bahasa terbaik, acara ini juga menobatkan Muhammad Andhika Lamjati (Universitas Sriwijaya) dan Syifa Syafira Wulandari (Universitas Sriwijaya) sebagai Duta Bahasa Berbakat, serta Muhammad Daffa (Politeknik Negeri Sriwijaya) dan Tiara Tarasati (Universitas Sriwijaya) sebagai Duta Bahasa Persahabatan. (*)