Berkas Pemekaran Gelumbang Segera Dikirim ke Kemendagri

Herman Deru foto bersama presidium Pemekaran Kabupaten Gelumbang (PPKG). (Foto : Istimewa)

MUARA ENIM, PALPOS.ID –  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan mendukung Gelumbang sebagai Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) diwilayah Kabupaten Muara Enim. Gubernur Sumsel Herman Deru (HD) menyatakan berkas pemekaran CDPOB Gelumbang telah lengkap, sehingga akan segera diserahkan ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Pemprov Sumsel mendukung penuh CDPOB Gelumbang karena berdasarkan data secara admintrasi yang dibawa Presidium sudah sangat lengkap dan layak dimekarkan,  saya sebagai Gubernur Sumsel siap memfasilitasi ke Mendagri,”kata pria disapa HD usai menerima audiensi presidium Pemekaran Kabupaten Gelumbang (PPKG) di Kantor Pemprov Smsel, Rabu (30/6).

Diakui orang nomor satu di Bumi Sriwijaya, wilayah Sumsel sangat luas sehingga butuh sedikitnya 25 wilayah untuk dimekarkan. Menurutnya upaya pemekaran daerah murni soal kebutuhan masyarakat dan bukan faktor lain. Salah satu yang paling siap dimekarkan, lanjut HD, Gelumbang karena telah mengantongi berkas kelengkapan sebagai CDPOB.

Untuk itu, HD menegaskkan dukungan CDPOB Gelumbang secepatnya akan diserahkan ke Mendagri. “Selanjutnya Presidium melakukan pertemuan langsung dengan Mendagri dan berharap tetap semangat kepada pejuang pemekaran CDOB Gelumbang dan saya sebagai Gubernur Sumsel mendukung keras terbentuknya CDOB Gelumbang ini,” ungkap HD.

Sementara terkait Geografis CDOB Gelumbang Sumatera Selatan yakni mempunyai luas tanah 1758,11 meter persegi dan CDOB Gelumbang Sumsel telah memiliki PETA wilayah sendiri yang telah disahkan dan disetujui oleh Bupati, DPRD kabupaten, Gubernur, DPRD Provinsi Sumsel, dan pimpian daerah perbatasan. Bahkan CDOB Gelumbang Sumsel dalam perjuangannya juga telah mengikuti perubahan data yang mengacu dengan aturan yang telah ditetapkan Pemerintah.

Ketua Prsedium Pemekaran Kabupaten Gelumbang (PPKG) Rani Kodim,  mengatakan tidak ada alasan lagi Gelumbang tidak dimekarkan karena segala persyaratan telah dipenuhi. “Termasuk lokasi lahan kantor seluas 28 Hektar yang telah dihibahkan masyarakat,”ujar Rani

Dikatakannya, kedatangan PPKG bertemu Gubernur juga mewakili atas nama masyarakat di 6 Kecamatan ,yakni Gelumbang, Lembak, Kelekar, Sungai Rotan, Belida Darat, dan Muara Belida. “Kita berharap dengan difasilitasi Gubernur ke Mendagri, CDOB Gelumbang yang diidamkan masyarakat cepat terwujud meskipun kran moratorium belum dibuka,”pungkasnya. (*)