HNU Serahkan Kunci Rumah Bantuan Baznas

Pj Bupati Muara Enim HNU menyerahkan kunci rumah program bedah rumah Baznas kepada Yusminah, Rabu (30/06). Foto: diskominfo muara enim

MUARA ENIM, PALPOS.ID – Burdin (70) warga Dusun 10, Desa Ujan Mas Lama, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Muara Enim, dapat tersenyum bahagia. Soalnya, pondok berdinding sususnan bambu yang dihuninya bersama sang istri Yusminah (68) selama puluhan tahun mendapat perhatian dari pemerintah.

Buktinya, Pemkab Muara Enim menyerahan kunci bantuan bedah rumah melalui program Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Muara Enim ini, merupakan bentuk penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Muara Enim dan Baznas Kabupaten Muara Enim. Penyerahan kunci rumah diserahkan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H Nasrun Umar (HNU), Rabu (30/6).

Acara tersebut selain dihadiri oleh HNU, juga dihadiri Ketua Baznas Muara Enim Fajri Erham, Forkopimda, Camat Ujan Mas, Kades Desa Ujan Mas Lama, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama. “Alhamdulilah, bapak Burdin sebagai seorang asnaf yang berhak menerima zakat melalui program bedah rumah dari Baznas Kabupaten Muara Enim,” ujar HNU.

Penyaluran zakat Baznas ini, kata dia, khususnya dari zakat ASN dan TNI ini merupakan bagian dari Program Muara Enim Sejahtera dalam mendukung visi Kabupaten Muara Enim Merakyat, yaitu Muara Enim untuk rakyat yang agamis, berdaya saing, mandiri, sehat dan sejahtera.

Dapat sampaikan bahwa sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat dan Peraturan Pemerintah Nomor 14 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011, Baznas berkewajiban melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, dan pengokoordinasian dalam pengumpulan, pendistribusian, dan pendayagunaan zakat yang insyallah dikelola secara amanah, transparan, akuntabel, profesional dan berkualitas.

Baznas Kabupaten Muara Enim ini, lanjutnya, telah banyak menyalurkan zakat dan infaq-nya untuk berbagai kegiatan sosial, tidak hanya bedah rumah, melainkan juga pembangunan jamban bagi warga kurang mampu, akomodasi kesehatan, program beasiswa satu 6 Subbagian Komunikasi Pimpinan Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan keluarga satu sarjana, beasiswa pendidikan sekolah, pembangunan masjid, mushala, sekolah maupun madrasah dan fasilitas umum lainnya.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Muara Enim mengucapkan terima kasih kepada segenap panitia dan pimpinan Baznas Kabupaten Muara Enim atas sumbangsih dan kepeduliannya. Semoga rumah baru ini dapat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas dan kelayakan hunian keluarga bapak Burdin serta semoga dapat dirawat dengan baik,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama HNU juga mengajak seluruh ASN untuk taat dalam penyetorkan zakat, terutama dengan telah diterbitkannya Peraturan Bupati Muara Enim Nomor 56 Tahun 2019, sehingga nantinya dapat meningkatkan penerimaan zakat demi kemaslahatan umat di Kabupaten Muara Enim.

Sementara itu, Ketua Baznas Muara Enim Fajri Erham, mengatakan sejak tahun 2016 sampai sekarang program sosial yang berjalan bersumber dari dana zakat ASN Pemkab Muara Enim, Yonif, PDAM dan Muzaki perseorangan ataupun swasta. “Alhamdulilah, program Baznas yang telah berjalan bersentuhan langsung dengan masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya. (*)

Editor: Bambang Samudera