JPU Hadirkan Saksi Tambahan di Luar Berkas, Titis Menilai Jaksa Ragu

Advokat Titis Rachmawati, kuasa hukum terdakwa Tjik Maimunah. Foto: bayu/palpos.id

PALEMBANG, PALPOS.ID – Majelis Hakim PN Klas IA Khusus Palembang kembali menggelar sidang perkara kasus dugaan pemalsuan surat tanah dengan terdakwa Tjik Maimunah. Dengan agenda menghadirkan saksi tambahan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Sumsel.

Pada persidangan yang digelar Rabu (30/6) terdakwa di hadirkan secara virtual, dihadapan majelis hakim yang diketuai Toch Simanjuntak SH MH. Sebanyak dua orang saksi di hadirkan langsung untuk memberikan keterangan tambahan terkait kasus tersebut.

Dalam persidangan kedua saksi yakni Rozak dan Dedi, keduanya dihadirkan oleh pelapor Ratna Juwita Nasution. Dari keterangan kedua saksi secara terpisah bahwa kedua saksi memiliki tanah bersebelahan dengan tanah pelapor. Dan saksi tidak mengenal terdakwa.

Advokat Titis Rahmawati SH MH selaku kuasa hukum terdakwa mengatakan keberatan, dan menilai Jaksa Penuntut Umum Ragu dalam mendakwa terdakwa yang menghadirkan saksi di luar berkas laporan.

“Kami keberatan karena dihadirkannya saksi tambahan oleh Jaksa penuntut umum di luar berkas, karena keterangan saksi hanya menjelaskan kepemilikan tanah dan tidak menjelaskan tentang pemalsuan tanah yang dituduhkan kepada klien kami,” ujar Titis.

Terpisah, Ratna Juwita Nasution selaku pelapor mengatakan dirinya mengapresiasi keputusan majelis hakim yang mengabulkan permohonan Jaksa Penuntut Umum untuk menghadirkan saksi tambahan dalam sidang kali ini.

“Saya sangat mengapresiasi putusan majelis yang mengabulkan jaksa penuntut umum untuk menghadirkan saksi tambahan guna membuktikan fakta yang sebenar nya.” Pungkasnya. (*)

Editor: Bambang Samudera