OPD Harus Kerja Keras untuk Penyerapan Anggaran

Asisten II H Riswandar SH MH memimpin rapat kordinasi pelaksanaan kegiatan APBD 2021, Rabu (30/06). Foto: diskominfo muara enim

MUARA ENIM, PALPOS.ID – Untuk percepatan pelaksanaan kegiatan APBD 2021, Asisten II H Riswandar SH MH menginstruksikan seluruh OPD agar tepat Waktu, tepat Guna dan tepat sasaran dalam memberikan stimulus melalui pembelanjaan produktif dalam menggerakkan perekonomian daerah.

“Ini perlu disampaikan sebagai upaya percepatan penyerapan anggaran serta realisasi,”ujar Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Perekobang) H Riswandar SH M H saat memimpin rapat koordinasi percepatan pelaksanaan kegiatan APBD Kabupaten Muara Enim tahun anggaran 2021 di Ruang Rapat Serasan Sekundang yang dihadiri oleh para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan juga diikuti secara virtual oleh para camat, Rabu (30/6).

Riswandar menyampaikan, menyampaikan bahwa sesuai arahan Pj Bupati Muara Enim H Nasrun Umar (HNU) Pemerintah Kabupaten Muara Enim diminta mempercepat penyerapan APBD. Apalagi ditengah masa pandemi ini, kata dia, rakyat sangat butuh kehadiran pemerintah dalam memberikan stimulus melalui pembelanjaan yang produktif dalam menggerakkan perekonomian daerah.

“Dari laporan realisasi fisik dan non-fisik APBD Kabupaten Muara Enim pada penghujung semester I triwulan ke II bulan Juni minggu ke-4 ini tercatat sebesar Rp407,73  miliar atau  masih 16,73%,” katanya.

Oleh sebab itu, lanjut Riswandar, mengingatkan jajarannya agar lebih bekerja keras merealisasi penyerapan anggaran dengan azas tepat waktu, tepat guna dan tepat sasaran. Lebih lanjut, dirinya menginstruksikan para kepala perangkat daerah selaku pengguna anggaran untuk segera melaksanakan kegiatan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku dengan memperhitungkan waktu yang tersedia serta melakukan percepatan pengadaan barang dan jasa dengan menyesuaikan sisa waktu tahun anggaran 2021. (*)

Editor: Bambang Samudera