Bunuh Teman Kencan, Berry Dituntut 15 Tahun Penjara

Persidangan terdakwa Berry Saputra di PN Klas IA Khusus Palembang, Kamis (01/07). Foto: bayu/palpos.id

PALEMBANG, PALPOS.ID – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Palembang Ursula Dewi SH, menuntut terdakwa Berry Saputra (23), pelaku pembunuhan teman kencan di Hotel Rio Palembang dengan pidana 15 tahun penjara.

Dihadapan Majelis Hakim PN Klas IA Khusus Palembang diketuai Dr Fahrein SH MH, terdakwa dihadirkan dalam sidang virtual, Kamis (01/07). Dalam tuntutannya, tersangka dijerat pasal 338 tentang pembunuhan, dan pasal 362 KUHP tentang pencurian.

“JPU menuntut agar majelis hakim mengadili dan menjatuhkan hukuman penjara terhadap terdakwa 15 tahun penjara,” tegas Ursula membacakan tuntutan dihadapan majelis hakim.

Atas tuntutan itu, terdakwa yang didampingi kuasa hukumnya Eka Noviyanti SH dan Megaria SH dari LBH Peradi Palembang, diberikan waktu satu minggu oleh Majelis Hakim untuk menyusun pembelaan secara tertulis.

Saat diwawancara kuasa hukum terdakwa Eka Noviyanti SH dan Megaria SH mengatakan, pihaknya keberatan atas tuntutan JPU. “Kami keberatan dengan tuntutan Jaksa. Menurut kami tuntutan JPU terlalu tinggi,” ujar Eka.

Lalu pihaknya menjelaskan bahwa terdakwa dalam persidangan sangat kooperatif, mengakui perbuatannya dan tidak memberikan keterangan berbelit-belit. “Terdakwa mengakui kesalahannya dan menyesal atas perbuatannya,” imbuh Eka.

Diketahui kasus pembunuhan dilakukan terdakwa Berry kepada seorang wanita bernama Yuliana, terjadi di salah satu hotel di kawasan Dempo Kota Palembang.

Berawal saat Berry merasa tidak puas dengan layanan teman kencannya. Saat itu Berry dalam keadaan mabuk, dengan keji dan tega melakukan perbuatan yang menyebabkan teman kencannya tewas.

Setelah melakukan perbuatan yang menyebabkan teman kencannya tewas, Berry mencuri sejumlah uang dan handphone korban, lalu kabur dari lokasi kejadian. (*)

Editor: Bambang Samudera