Ini Denda Jika Suporter Inggris Datang ke Roma

Fans Inggris dilarang ke Italia. (Foto: Getty Images via BBC)

ROMA, PALPOS.ID – Pemerintah Italia melarang fans timnas Inggris datang ke Roma untuk menyaksikan laga kontra Ukraina di babak delapan besar Piala Eropa 2020, akhir pekan ini. Jika ada yang melanggar, dendanya 2.500 poundsterling atau sekitar Rp50 juta.

Italia menurut laporan dari Daily Mail meningkatkan keamanan di bandara dan mendirikan pos pemeriksaan perbatasan. Mereka berharap tidak ada penggemar Inggris yang menyelinap masuk untuk menyaksikan Harry Kane Cs menghadapi Ukraina di Roma.

Fans Inggris bisa saja datang ke Italia. Namun, mereka harus menjalani karantina selama 5 hari setelah kedatangan. Itu berarti tidak mungkin bagi warga Inggris yang bepergian ke sana untuk menghadiri pertandingan itu. Aturan karantina diberlakukan Italia untuk memperlambat penyebaran varian Delta, atau India.

Wakil Menteri Kesehatan Italia, Andrea Costa mengatakan kepada The Sun, “Aturannya jelas dan ringkas – penggemar Inggris tidak akan dapat melakukan perjalanan ke Italia. Saat ini ada lima hari karantina wajib pada saat kedatangan, jadi kecuali penggemar tiba sebelum 28 Juni dan menyelesaikan karantina, tidak ada gunanya bepergian ke Roma.”

Costa menegaskan mereka tidak akan berkompromi soal aturan Covid-19 ini. Setiap pelanggar akan dihukum. “Mereka yang mencoba dan tertangkap akan didenda dan dihukum,” tegasnya.

Duta Besar Ukraina untuk Inggris, Vadym Prystaiko mengatakan para pendukung mereka akan terbang ke Italia untuk pertandingan pada hari Minggu. Menurutnya, mereka adalah negara perjalanan ‘zona hijau’ dan bebas ke Italia. “Kami berada di zona hijau untuk Eropa dan kami memiliki begitu banyak orang Ukraina untuk mendukung mereka,” kata Prystaiko kepada BBC. (amr/fajar.co.id)