Pemprov Sumsel Terjunkan 500 Petugas Pantau Kesehatan Hewan Qurban

Plt. Kepala Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Sumsel, Ruzuan Effendi. Foto : Cuci/Palpos.id

PALEMBANG, PALPOS.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan melepas sebanyak 500 petugas tim pemantauan dan pemeriksaan hewan qurban 1442 H tahun 2021, di Graha Bina Praja, Kamis (01/07).

Adapun petugas yang berjumlah 500 anggota ini terdiri dari anggota Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Sumsel, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumsel, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sumsel dan Veteriner Sumsel.

Plt. Kepala Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Sumsel, Ruzuan Effendi mengatakan, tim yang dilepas ini akan bertugas memantau serta memeriksa kesehatan hewan qurban yang akan disalurkan kepada masyarakat pada Hari Raya Idul Adha tahun ini.

“Kita berharap hewan qurban yang dibagikan kepada masyarakat pada hari-H Idul Adha nanti dalam kondisi berkualitas, baik dari sisi kesehatan dan usia, serta yang terpenting sesuai dengan syari’at agama islam,”ungkap Ruzuan.

Sementara ditempat yang sama, Ketua PDHI Sumsel, Dr.drh. Jafrizal mengatakan pemantauan dan pemeriksaan hewan qurban pada tahun ini akan dilakukan secara meluas diseluruh Kabupaten/Kota di Sumsel.

“Pemantauan dan pemeriksaan hewan qurban tahun ini akan kita perluas lagi diseluruh Kabupaten/Kota Sumsel, setelah sebelumnya hanya dilakukan di Kota Palembang,” ungkap Jafrizal.

Jafrizal berharap, dengan adanya pemantauan dan pemeriksaan hewan hewan qurban ini dapat meminimalisir temuan-temuan hewan qurban yang tidak layak di jual menjelang hari raya qurban nanti.

“Pemeriksaan ini bertujuan agar jangan sampai adanya temuan-temuan hewan qurban yang memiliki penyakit sehingga tidak layak untuk dipasarkan,” terangnya.

Maka dari itu, pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam memilih hewan qurban nanti. “Pilihlah hewan qurban yang sehat dan sesuai syari’at islam,” tukasnya. (*)

Editor: Bambang Samudera