Percepat Vaksinasi, Polres OKI Dirikan Gerai Vaksin Presisi

Kapolres OKI, AKBP Alamsyah Pelupessy dan sejumlah awak media yang terlihat masih berada di sekitar Gerai Vaksin Presisi, Kamis (1/7). (Foto : Diansyah/Palpos.id)

KAYUAGUNG, PALPOS.ID – Guna mempercepat proses vaksinasi kepada semua masyarakat, Kepolisian Resort Kabupaten Ogan Komering Ilir mendirikan Gerai Vaksin Presisi di wilayah polres setempat.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kapolres Ogan Komering Ilir, AKBP Alamsyah Pelupessy saat diwawancarai awak media usai acara peresmian Gedung Media Center di Polres tersebut, Kamis (1/7).

“Saat ini, kepolisian sedang membuat yang namanya gerai vaksin seperti sekarang yang terletak di Mako-Mako Kepolisian. Dan juga termasuk ketika kita melihat tempat keramaian akan didirikan gerai seperti ini,” ungkapnya.

Ditambahkannya,  untuk proses vaksinasi mereka terus maju dengan minimal target  teraskes yakni 75 orang dalam sehari. Jadi totalnya, kalau ada 30 Paskes maka mereka tahu ada sekitar 2600 orang yang akan divaksin setiap harinya.

“Alhamdulillah, dari beberapa hari ini itu terus dilakukan bahkan sudah ada yang melebihi target, sehingga stok vaksin berkurang. Makanya kita segera meminta lagi ke provinsi untuk segera dikirim vaksin lagi,” tuturnya.

Dikatakan lagi oleh orang nomor satu di Polres Ogan Komering Ilir ini, sehingga kegiatan vaksinasi tersebut dapat terus dilaksanakan untuk setiap hari sampai seluruh masyarakat tervaksinasi semua.

“Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari vaksinasi massal pada, Sabtu (26/6) lalu. Kalau pada saat itu satu hari target satu juta vaksin, kalau ini targetnya seperti yang saya katakan tadi yakni 75 per askes dan itu minimal,”jelasnya.

Lebih lanjut imbuhnya, di polsek-polsek mereka juga mempunyai gerai dan bekerja sama dengan Paskes. Akan tetapi penyuntikan polsek-polsek lebih ke Paskes atau Puskesmas yang telah ditunjuk untuk dilakukan vaksin.

“Jadi, jika ada masyarakat yang ingin divaksin bisa datang saja kesana dengan syarat hanya membawa  KTP dan Kartu Keluarga, bahkan dari luar daerah juga bisa.

Dan kalau pelayanannya bisa kita mulai dari pukul 08.00 WIB sampai jam 15.00 WIB, setiap hari kerja,” terangnya.

Terakhir, kalau hari Sabtu dan Minggu, kadang-kadang mereka membuat kegiatan vaksin yang bersifat mobile. Seperti halnya, bersama petugas mendatangi pasar atau kalangan dan mengadakan vaksinasi disana. Serta, juga melakukan vaksinasi di areal Taman Segi Tiga Emas, ketika hari Minggu yang masyarakatnya lagi ramai.(*)