Serapan Vaksin di Empat Lawang Sangat Rendah

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Issak Ramdhani/Fajar Indonesia Network)

EMPAT LAWANG, PALPOS.ID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Empat Lawang telah menyiapkan 11.701 vial vaksin yang akan diberikan kepada 11.070 orang penerima.

Kabid Imunisasi dan penyakit menular, Dr Ivon mengatakan sasaran target vaksinasi Covid 19 di Empat Lawang di angka 70 persen. “70 persen itu meliputi tenaga kesehatan, 160 persen, pejabat publik 97 persen lansia 6 persen, sementara untuk masyarakat umum belum termasuk,” ucapnya, Rabu (30/06).

Sementara pelaksana vaksinasi massal Polres Empat Lawang mendata sudah 2.825 masyarakat yang sudah melakukan vaksinasi massal. Vaksinasi diselenggarakan Polres Empat Lawang dan Dinas Kesehatan,” ungkap Kompol Harsono, Kabag OPS Polres Empat Lawang.

Dilihat dari jumlah angka dosis yang disiapkan oleh Dinkes yaitu 11 ribu lebih, masyarakat umum sendiri baru melakukan vaksinasi massal sebanyak 2.825, yang artinya 8 ribu lebih dosis lagi yang belum terpakai dan masih tersedia di Dinkes.

Bupati Empat Lawang Joncik Muhammad mengatakan bahwa serapan vaksinasi masyarakat Empat Lawang sangat rendah bahkan paling rendah dibandingkan daerah lain.

“Penangan Covid  bagus sekali, tapi saya mendapat laporan soal vaksin ternyata serapan rendah, minat masyarakat untuk di vaksin sangat rendah. Saya perintahkan untuk turun full ke lapangan jajaran Dinkes bersama Polri dan TNI, agar lebih lagi mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mensukseskan program pemerintah satu hari sejuta vaksin, demi kemaslahatan bersama agar terbebas dari Covid 19,”  ungkapnya. (*)

Editor: Bambang Samudera