Wagub Imbau Masyarakat Lebih Jeli Memilih Hewan Qurban

Wakil Gubernur (Wagub) Mawardi Yahya. Foto : Cuci/Palpos.id

PALEMBANG, PALPOS.ID  –  Menjelang Hari Raya Idul Adha, masyarakat dihimbau untuk lebih jeli memilih hewan yang akan di qurbankan. Pasalnya, hewan ternak utamanya sapi rawan terkena penyakit seperti Anthrarx, Penyakit mata, mulut, dan cacing pita.

Hal ini di ungkapkan oleh Wakil Gubernur (Wagub) Mawardi Yahya usai memimpin rapat pelepasan petugas tim pemantauan dan pemeriksaan hewan qurban 1442 H, di Graha Bina Praja, Kamis (01/07).

Menurutnya, selama ini hewan yang akan dijadikan qurban masih banyak yang belum memenuhi standar ukuran, mulai dari umur,  kesehatan hewan, dan masih banyak lagi yang belum memasuki kriteria.

“Selama ini masih banyak yang menyalahi aturan masalah hewan qurban, untuk itu kami bersama Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) akan melakukan penerapan sesuai dengan ketentuan standar hewan qurban, serta sesuai dengan syari’at Islam,”ungkap Mawardi.

Guna memastikan hewan qurban tersebut sesuai dengan kriteria dan syariat. Pihaknya akan menerjunkan sebanyak 500 Petugas yang terdiri dari anggota Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Sumsel, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumsel, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sumsel dan Veteriner Sumsel.

Para anggota tersebut akan melakukan pemantauan dan pemeriksaan hewan qurban ke semua daerah yang ada di Sumsel, khususnya di Kota Palembang.

“Nanti kami akan melakukan pengawasan ke seluruh pedagang hewan qurban yang ada di Sumsel khususnya Kota Palembang guna memastikan hewan qurban yang akan dibagikan kepada masyarakat bebas dari penyakit, serta sudah sesuai dengan syari’at Islam,” tutupnya. (*)

Editor: Bambang Samudera