Preview Brasil vs Cile: Hormati Tim Tamu

Skuat Brasil. Foto: FIN

RIO DE JANEIRO, PALPOS.ID – Tuan rumah, Brasil akan ditantang Cile di babak delapan besar Copa America 2020, besok pagi. Sang juara bertahan sangat menghormati The Red One meski mereka mengklaim diri super siap menyambut duel di Estádio Olímpico Nilton Santos ini.

Rotasi yang dilakukan pelatih Adenor Leonardo Bachi di dua laga terakhir menjadi alasan Brasil sangat siap tempur. Di pertandingan terakhir Grup B misalnya, pelatih yang akrab disapa Tite tersebut mengistirahatkan Neymar, Gabriel Jesus, dan Fred.

Selain itu, langganan starter seperti Casemiro, Everton Ribeiro, hingga Richarlison dicadangkan dan baru dimainkan di paruh kedua pertandingan. Dengan demikian, seluruh pilar Tim Samba dipastikan dalam kondisi bugar.

Meski demikian, bek senior sekaligus kapten Brasil, Thiago Silva mengingatkan timnya bahwa Cile tidak akan menjadi lawan mudah. Selama lebih dari satu dekade mengenakan seragam tim nasional Brasil, Silva mengaku mengetahui betul kekuatan generasi emas Cile ini.

“Saya yakin itu akan terjadi, pertandingan yang sangat sulit, sangat rumit untuk dimainkan. Tetapi yang terpenting dari semuanya adalah kami super siap menghadapi mereka. Mencoba menetralisir permainan ofensif utama mereka agar kami bisa sukses dalam konfrontasi ini,” kata Thiago Silva di situs resmi CBF.

Cile hanya memenangi satu pertandingan di Grup A dan menjadi tim peringkat keempat. Kendati begitu, mereka mampu mengimbangi Argentina dan Uruguay. Menurut Silva, itu menjadi bukti bagaimana Cile punya kualitas hebat.

“Ini adalah tim yang sangat berkualitas. Tidak heran mereka memenangkan dua Copa América berturut-turut. Ini adalah grup yang tahu bagaimana memainkan jenis permainan ini, terlepas dari momen yang mereka lalui. Mereka hanya memenangkan satu pertandingan, tapi itu tidak berarti banyak,” jelasnya.

Pemain Chelsea itu juga menyampaikan bahwa Cile seperti halnya negara lainnya selalu memiliki motivasi tinggi untuk mengalahkan Brasil. “Semua orang ingin menang, semua orang mempersiapkan diri sebaik mungkin,” ujar eks pemain AC Milan dan PSG tersebut.

Asisten Pelatih Brasil, Cesar Sampaio memberikan warning serupa. Menurutnya, dua gelar Copa América yang mereka raih pada 2015 dan 2016 menjadi bukti ketangguhan Arturo Vidal dkk. Apalagi, nama-nama seperti Claudio Bravo, Isla, Medel, Mena, Vidal, Aranguiz, dan Vargas semuanya masih bermain.

“Ini tim yang tahu betul bagaimana mengelola tekanan, dengan pemain yang terbiasa tampil dalam kesulitan. Yang memiliki kekuatan dalam penerapan teknis, terutama di sektor lini tengah, dengan Pulgar, Vidal dan Aranguiz. Vargas adalah pemain yang menentukan dan penting,” komentar Sampaio.

Makanya, Sampaio percaya hanya persiapan terbaik yang bisa mereka lakukan. Khususnya mempelajari kekuatan dan kelemahan Cile untuk menjadi bahan mereka membuat rencana permainan dalam latihan.

“Ini adalah lawan yang pantas mendapatkan semua rasa hormat kami. Tidak hanya mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, kita juga perlu menentukan strategi untuk disimulasikan dalam pelatihan dan persiapan tim kami dengan cara terbaik sehingga kami layak menang. Dengan semangat inilah kami mempersiapkan diri untuk perempat final,” jelasnya.

Bagaimana dengan Cile? Pelatih, Martín Lasarte menegaskan pertandingan ini akan menjadi laga terberat mereka. Namun, ia memastikan seluruh pemainnya punya komitmen kuat untuk menunjukkan performa terbaik.

“Bermain di turnamen di mana kita harus menghadapi tuan rumah selalu menjadi kesulitan. Selain itu, Brasil mungkin lebih bugar. Jadi, kami harus memainkan permainan terbaik, lebih dari semua yang sudah kami mainkan sejauh ini, itu selalu mungkin,” kata Lasarte di Today In 24.

Lasarte sendiri mengakui Brasil menjadi favorit. Apalagi, ia belum bisa memainkan Alexis Sanchez. Akan tetapi, Lasarte percaya tidak ada yang mustahil dalam sepak bola. “Kami akan bekerja untuk mencoba meminimalkan kekuatan mereka, mencoba mengeksplorasi kelemahannya. Jika itu memungkinkan, mungkin kami akan berada dalam permainan tersebut,” tegasnya.

Untuk laga ini, Lasarte akan kembali memainkan Beb Brereton sebagai penyerang bersama Cesar Pinares dan Eduardo Vargas. Nama terakhir sejauh ini sudah mencetak dua gol. Sementara Brereton yang jadi debutan turnamen sudah mengoleksi satu gol. (amr/fajar.co.id)

 

Prakiraan Pemain :

Brasil (4-4-2): Alisson; Danilo, Silva, Marquinhos, Sandro; Jesus, Casemiro, Fred, Ribeiro; Richarlison, Neymar

Cile (4-3-3): Bravo; Isla, Medel, Sierralta, Mena; Arturo Vidal, Aranguiz, Alarcon; Pinares, Vargas, Brereton