Orang Gila Berkeliaran di Jalan Protokol, Masyarakat Cemas

Salah satu ODGJ berkeliaran di sepanjang Jalan Protokol Kota Tebing Tinggi, Senin (05/07). Foto: padre/palpos.id

EMPAT LAWANG, PALPOS.ID – Masyarakat Tebing Tinggi saat ini masih mengeluhkan keberadaan Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) alias orang gila, yang masih saja berkeliaran.

Seperti yang dikeluhkan Prengki, salah seorang warga Tebing Tinggi. Dia menjelaskan, kalau ODGJ hampir tiap hari melintas di depan rumahnya dengan membawa karung ataupun sampah.

“Iya, mengganggu sekali dengan keberadaan ODGJ ini yang semakin hari semakin banyak dan suka berkeliaran dan mengais sampah,” katanya, Senin (05/07).

Dengan berkeliarannya orang gangguan jiwa, ditakutkan merusak ataupun mengganggu masyarakat. Mengingat mereka berkeliaran dengan bebasnya dan nongkrong sembarangan serta tidur di depan ruko-ruko kosong.

“Kami sebagai masyarakat takut saja kalau ODGJ ini kumat dan mengamuk, sedangkan disini banyak anak-anak kecil yang bermain,” tuturnya.

Senada dengan Wati, warga lainnya berharap agar ada tindakan tegas dari pemerintah jangan menutup mata dengan fenomena seperti ini jangan sampai ada kejadian buruk baru bertindak.

“Seharusnya ada tindakan, agar mereka tidak berkeliaran seperti dibawa ke keluarganya ataupun dibawa ke Rumah Sakit Jiwa, agar masyarakat tidak was-was dengan keberadaan ODGJ,” harapnya.

Terpisah, Kabid Rehabilitasi Dinsos Empat Lawang Rendra menanggapi keluhan masyarakat mengaku pihaknya memang sudah pernah melakukan penertiban ODGJ, namun pada saat penertiban para ODGJ menghilang tidak karuan.

“Penertiban Pol PP, Dinsos, Dinkes, warga Empat Lawang keluargonyo ado ODGJ ini. Dulu rumahnyo depan Masjid Jamik, sekarang pindah ke Jaya Loka, berapo kali kito nak tertibkan ngilang dio ni,” katanya. (*)

Editor: Bambang Samudera